Minggu, 16 Juni 2013

Wisata Religi (Ziarah) ARIFA 2013



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, kali ini penulis akan berbagi sedikit cerita perjalanan kegiatan Wisata Religi / Ziarah ARIFA tahun 2013 dengan tujuan Jawa Timur & Madura. Karena adanya kekurangan dari petugas dokumentasi jadi ada beberapa gambar yg penulis ambil dari beberapa sumber untuk mendukung cerita perjalanan ini.
Kegiatan Wisata Religi dilaksanakan pada hari Jum'at-Minggu, 24-26 Mei 2013 diikuti oleh peserta kurang lebih 47 peserta. Rombongan berangkat dari rumah sekitar pukul 19:30 dengan bus dari PO. Karya Jasa. Sekitar 1 jam perjalanan, petugas konsumsi melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang panitia rencanakan, yakni membagikan snack berat dengan isi arem-arem, jeruk, kacang & roti kepada peserta.


 
Setelah 3 jam perjalanan, rombongan mampir di tempat transit di masjid daerah Sragen untuk istirahat dan untuk ke toilet bagi peserta yang membutuhkan karena setelahnya perjalanan akan sangat jauh yakni ke Surabaya. 



1. Sunan Ampel (Surabaya),
Hari sabtu pagi sekitar pukul 5:00 rombongan sampai ke tujuan pertama yakni di makam Sunan Ampel Surabaya. Sesampainya di tempat parkir bus, rombongan langsung bergegas ke masjid untuk sholat subuh. Setelah sholat rombongan lalu melaksanakan tujuan utama perjalanan, yakni ziarah ke makam. Dalam perjalanan menuju masjid dan perjalanan menuju tempat parkir rombongan dimanjakan dengan beraneka macam dagangan yang berjejer disepanjang jalan, sebagian peserta pun tertarik untuk mampir meskipun haya untuk melihat-lihat. Sedangkan beberapa peserta lain memilih mencari tempat warung makan untuk sarapan dan setelahnya ada peserta yang bersih-bersih (mandi). Dan setelah dirasa cukup, perjalanan dilanjutkan menuju ke madura sekitar pukul 7:00. 



2. Syech Cholil (Bangkalan, Madura)
Sekitar 30  menit perjalanan ke madura rombongan sangat antusias melihat jembatan yang amat keren, ya, jembatan Suramadu. Sebagian besar peserta baru pertama kali ini melewati jembatan tersebut jadi banyak yang memuaskan diri dengan meihat jembatan ini sampai akhir.
Rombongan sampai di tempat tujuan ke-2 yakni di makam Syech Cholil daerah Bangkalan, Madura, sekitar pukul 8:00. Setelah turun dari bus rombongan langsung dimanjakan dengan penjual sate, baju & souvenir khas madura. Rombongan langsung ziarah masuk didalam masjid yang begitu megah. Setelah ziarah, peserta ada yang beli makan (sate) dan ada yang mandi. Setelah dirasa cukup, rombongan melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan ke-3 sekitar pukul 10:00. 


3. Sunan Giri (Gresik),
Rombonga sampai ke tempat tujuan ke-3, makam Sunan Giri pada pukul 11:00. Sesampainya masuk ke tempat parkir, terlihat tampat parkir bus hampir penuh yang berarti bisa dipastikan ditempat makam akan sangat ramai. Ada hal yang tidak mungkin pernah dilupakan sama sebagian besar peserta, khususnya yang menggunakan jasa ojek. Ya, karena jarak dari tempat parkir ke tempat makam sangat jauh (± 1 km) maka sebagian peserta ada yang menggunakan jasa ojek, tapi ada juga yang memilih berjalan kaki. Yang menggunakan jasa ojek, bisa dipastikan semuanya bilang “asli parah, ngebut banget!!!”.
Tidak sampai disitu, rombongan musti harus melewati tangga yang cukup jauh untuk bisa sampai di lokasi. Akan tetapi rasa lelah bisa terobati dengan adanya pedagang yang berjejer di sepanjang anak tangga dan tentunya banyak pengemis yang mencoba mendapatkan rezeki dari para pengunjung. Setelah sampai rombongan pun membaca tahlil dan setelah selesai rombongan melaksanakan sholat dhuhur dimushola samping makam, dan setelah itu rombongan langsung menuju bus untuk melanjutkan perjalanan pada pukul 12:30.

4. Syech Maulana Malik Ibrahim (Gresik),
Karena jarak yang cukup dekat, pada pukul 13:00 rombongan sudah sampai di lokasi ke-4.  Rombongan pun langsung menuju ke tempat ziarah dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dan setelah selesai, rombongan langsung menuju ke bus dan melanjutkan perjalanan ke lokasi ke-5 pada pukul 14:00. 














5. Sunan Drajat (Lamongan),
Pada pukul 15:00 rombongan sampai di lokasi ke-5, sebelum ziarah rombongan melaksanakan sholat ashar di mushola dekat pintu masuk. Setelahnya rombongan membaca tahlil disalah satu pendopo.
Setelah selesai rombongan pun keluar, namun sebagian ada yang mampir di tempat yang cukup menarik, yakni ke musium. Didalam musim tersebut terdapat koleksi peninggalan-peninggalan bersejarah Sunan Drajat. Dari musium sebagian peserta memilih mampir di toko-toko yang menyediakan banyak macam makanan, minuman dan lain-lain. Setelah dirasa cukup, rombongan pun melanjutkan perjalanan ke lokasi ke-6 pada pukul 17:15.




6. Sunan Bonang (Tuban),
Rombongan sampai pada sekitar pukul 19:00. Sekali lagi, ada hal unik yang rombongan jumpai yakni adanya jasa ojek becak yang unik. Jumlah dari becak-becak tersebut cukuplah banyak untuk melayani para pengunjung karena jarak antara tempat parkir dan lokasi makam cukup jauh.  Sebagian peserta ada yang menggunakan jasa ojek, dan sebagian yang lain memilih untuk jalan kaki. setelah masuk di pintu gerbang, rombongan lagi-lagi dimanjakan dengan pedagang yang berjejer sampai ke pintu masuk lokasi makam. Sebelum masuk ke makam, rombongan melaksanakan sholat magrib & isya’ (jama’).
Setelah selesai, rombongan pun masuk. Dan setelah ziarah, rombongan menuju ke tempat parkir bus. Sebagian peserta ada yang mampir untuk membeli oleh-oleh, sebagian ada yang membeli makan, dan sebagian lebih memilih langsug menuju bus. Dan sekitar pukul 21:00, rombongan berangkat ke lokasi ke-7. 


7. PonPes Perut Bumi (Tuban),
Tidak memerlukan banyak waktu rombongan sampa ke tempat ke-7 ini karena masih dalam satu daerah, ya, daerah tuban. Disini rombongan lagi-lagi dimanjakan pemandangan tempat yang jarang di temui, ya, pemandangan tempat pondok pesantren yang ada dibawah tanah alias goa. Tak lupa rombongan melakukan ziarah di dalam ruang dan setelahnya rombongan berkeliling melihatlihat satu tempat yang wah ini. Setelah cukup, rombonganpun bertolak menuju ke lokasi ke-8 pada pukul 22:00.


8. Makam Gus Dur (Jombang),
Rombongan sampai di lokasi ke-8 ini sekitar pukul 23:30, karena sampainya di tengah malam jadi lokasi dari tempat bus parkir sampai ke makam terlihat sepi. Tanpa mengulur waktu, rombonganpun langsung ziarah kemakam. Dan setelah cukup, rombongan langsung berangkat ke lokasi terakhir pada pukul 00:15. 



9. Masjid Tiban (Malang).
Tanpa terasa rombongan sampai di daerah malang, sebelum menuju ke lokasi ke-9 rombongan transit di salah satu masjid di daerah malang untuk sholah subuh dan mandi. Pada pukul 07:00 rombongan berangkat ke lokasi ke-9.
Sesampainya di lokasi dan berjalan menuju ke lokasi, rombongan dibuat kagum dari kejauhan nampak bangunan yang begitu wah dengan warna dominan warna biru. Ya masyarakat luas mengenalnya masjid tiban, tapi setelah sampai dan mendapatkan penjelasan dari pemandu rombongan mengetahui secara lebih jelas. Kalo bangunan yang wah ini adalah sebuah pondok pesantren dengan nama PonPes Salafiyah. Dari sebelum masuk sampai keluar rombongan berkesimpulan bangunan ini luar biasa dan tidak dapat dipercaya meskipun sudah di jelaskan proses pembangunan bangunan besar ini. Di sini rombongan melakukan ziarah, dan tentunya berbelanja...
Setelah dirasa cukup, rombongan pun melanjutkan perjalanan, ya, perjalanan pulang.
Pada pukul 16:30, rombongan transit terlebih dahulu di sebuah pom bensin untuk sholat duhur & ashar (jama’) dan juga beli makan. Setelah itu perjalananpun dilanjutkan pada pukul 17:00, dan pada pukul 18:30 sekali lagi rombongan transit untuk sholat magrib & isya’ (jama’). Setelah cukup, perjalanan pulang pun dilanjutkan lagi.
 Rombongan sampai di rumah pada pukul 21:00 dengan selamat, Alhamdulillah.... :D

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga ringkasan perjalanan Wisata Religinya. Dan seperti itulah kurang lebih gambaran perjalannya. Dan tentunya, bagi panitia ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan ini untuk kegiatan serupa di tahun depan.
Trimakasih atas semuanya,
Dan mohon maaf apabila ada kekurangan...
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Bagikan :
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar